Workshop IT

WORKSHOP IT

             

Pengetahuan teknologi merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting dalam era teknologi saat ini, terutama mahasiswa, pelajar maupun pekerja di berbagai bidang ilmu. Adanya teknologi mahasiswa dapat melakukan pembelajaran interaktif dan menjalin komunikasi tanpa batas ruang dan waktu. Teknologi informasi juga merupakan alat bantu dalam menyelesaikan permasalahan akademis yang dihadapi oleh mahasiswa dan mendukung kinerja perguruan tinggi.

Himabio bakteriophage mengadakan kegiatan workshop it. Workshop teknologi informasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan potensi mahasiswa di bidang teknologi dan informasi, dan mempermudah mahasiswa untuk menggunakan aplikasi yang mendukung pembelajaran di kampus khusunya dalam bidang biologi. Bertemakan “Build Competent Generation with Technology for Better Future” Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Biologi dan mengundang beberapa dosen untuk mengisi materi. peserta kegiatan merupakan mahasiswa aktif biologi khusunya angktan 2018 atau mahasiswa semester 2.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa 23 April 2019 diruang kuliah biologi umum, fmipa, univeritas jember. Kegiatan dimuali dengan regristasi kemudian pembukaaan dan dilanjutkan dengan matri, ada tiga pemateri dalam workshop kali ini, peamteri pertama merupakan Bapak Arif Mohammad Siddiq, S.Si, M.Si. materi yang pertama yaitu ARCGIS. Peserta dikenalkan apa itu ARCGIS dan apa saja yang ada didalamnya serta hal-hal yang berkaitan dengan ARCGIS itu sendiri, kemudian peserta dilatih untuk membuat suatu peta. Pemateri kedua adalah Bapak Syubbanul Wathon, S.Si, M.Si. materi yang disampaikan mengenai DNA barcoding. DNA barcoding merupakan teknologi yang digunakan dalam bidang molekuler, Materi ke tiga disampaikan oleh Bapak Rendy Setyawan, S.Si, M.Si. yaitu tentang bagaimana mengakses dan mencari jurnal dengan benar, pada setiap akhir materi dibuka sesi diskusi, disinilah peserta bebas untuk mendiskusikan tentang materi yang disampaikan. Sesi terakhir dalam kegiatan workshop it adalah pembagian doorprize bagi peserta yang bias menjawab soal dari panitia.