Pelatihan Kombi

Haloo Sahabat Himabio, pada kesempatan kali ini kami akan menceritakan salah satu kegiatan yang berada dibawah naungan divisi kombi. Apalagi kalau bukan, “PELATIHAN KOMBI”. Sudah pada tahu kan, KOMBI itu apa? KOMBI merupakan kependekan dari Kelompok Bidang Ilmu. Kombi yang ada di Jurusan Biologi terdiri atas Bioteknologi, Botani, Ekologi, Zoologi, dan Mikrobiologi. Pelatihan kombi memiliki tujuan untuk memperkenalkan kombi-kombi yang ada di jurusan biologi sehingga mahasiswa dapat memiliki gambaran dalam memilih ilmu yang sesuai dengan minatnya dalam penyusunan tugas akhir. Sasaran dari pelatihan kombi ini adalah mahasiswa baru angkatan 2018, namun angkatan lainnya diperkenankan untuk hadir dalam kegiatan ini. Pelatihan Kombi kali ini, dilaksanakan selama empat hari yaitu pada tanggal 2, 11, 12, dan 18 Mei 2019 di masing-masing laboratorium yang ada di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Jember. Rangkaian kegiatan yang dilakukan pada Pelatihan Kombi kali ini terdiri atas perkenalan masing-masing kombi dan materi yang disampaikan oleh dosen. Yuk, simak bagaimana keseruan pelatihan kombi yang dilaksanakan masing-masing kombi!

Pelatihan kombi Bioteknologi, dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2019 dengan dihadiri oleh 39 peserta. Tema pelatihan kombi Bioteknologi yaitu, Aplikasi Protein Fluorescent sebagai Marker Bio-Imaging yang disampaikan oleh Bapak Syubbanul Wathon. Materi yang disampaikan, disertai dengan memperlihatkan secara langsung bakteri yang dapat berpendar ketika disinari oleh sinar UV pada ruangan yang gelap, hal ini membuat para peserta yang hadir antusias dengan Pelatihan kombi Bioteknologi.

Pelatihan kombi botani, dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2019 dengan dihadiri oleh 40 peserta. Tema pelatihan kombi botani yaitu, Kultur Jaringan Anggrek yang disampaikan oleh Bapak M. Su’udi. Materi pelatihan disampaikan dengan mempraktekkan cara menanam anggrek. Penanaman anggrek dimulai dari mengeluarkan bibitnya dari botol kaca dengan cara memasukkan air kedalam botol dan dikocok sedikit sehingga bibit dapat dikeluarkan melalui mulut botol. Bibit anggrek yang telah dikeluarkan kemudian ditanam pada pot-pot kecil untuk ditumbuhkan. Peserta dibagi kedalam dua kelompok besar untuk mempraktekkan bagaimana cara penanaman anggrek dengan dibantu oleh panitia dari kombi botani. Acara diakhiri dengan kuisioner pesan kesan dan foto bersama.

Pelatihan kombi ekologi, dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2019 dengan dihadiri oleh 42 peserta. Tema pelatihan kombi ekologi yaitu, Pengenalan Biomonitoring sebagai Wujud Peduli Lingkungan yang disampaikan oleh Ibu Retno Wimbaningrum dan Bapak Arif Mohammad Siddiq. Materi disampaikan secara bergantian dan diselingi oleh hiburan berupa persembahan lagu yang dibawakan oleh panitia dari kombi ekologi. Pelatihan kombi ekologi ditutup dengan pertanyaan dan pemberian hadiah serta foto bersama panitia dan peserta.

Pelatihan kombi zoologi, dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2019 dengan dihadiri oleh 47 peserta. Tema pelatihan kombi zoologi yaitu, Pembuatan Insektaium dan Pengenalan Serangga Pemakan Plastik yang disampaikan oleh Ibu Purwatiningsih. Pelatihan kombi zoologi diawali dengan perkenalan kombi zoologi dilanjutkan dengan materi dan pencarian serangga untuk kemudian dilakukan pelatihan pembuatan insektarium. Pelatihan ditutup dengan serangga yang siap dioven untuk dijadikan insektarium dan foto bersama.

Pelatihan kombi mikrobiologi, dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2019 dengan dihadiri oleh 49 peserta. Tema pelatihan kombi mikrobiologi yaitu, Identifikasi Bakteri pada Berbagai Media Penanaman yang disampaikan oleh Bapak Rudju Winarsa dan Mas Syafiq Ubaidillah. Peserta yang hadir dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok kecil dan panitia dari kombi mikrobiologi mendatangi kelompok-kelompok tersebut secara bergantian menjelaskan lebih detail mengenai media-media penanaman bakteri. Pelatihan ditutup dengan pembagian hadiah dan foto bersama.

Oke, itulah sedikit cerita mengenai pelatihan kombi dari divisi kombi. Antusiasme peserta yang hadir baik dari angkatan 2018, 2017, 2016, dan juga panitia sungguh luar biasa, begitu pula dengan materi-materi yang disampaikan sangat bermanfaat. Cukup sekian cerita mengenai Pelatihan Kombi Tahun 2019. Sampai jumpa di Pelatihan Kombi berikutnyaaaaaaaa!!