BSD

Halo sahabat biologi, salam kenal kami dari himpunan mahasiswa jurusan biologi FMIPA UNEJ ingin mengenalkan salah satu acara yang kami selenggarakan, yaitu Biological Science Day (BSD) yang ke- 10. Tahun 2019, BSD menginjak usia yang ke-10 tahun. Di usianya yang ke-10 tahun, BSD diselenggarakan pada tanggal 3, 10, dan 17 November 2019 bertempat di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember.

Biological Science Day merupakan ajang perlombaan yang diikuti para siswa SMA sederajat. Ajang yang dilombakan dalam BSD X dibagi menjadi dua bagian, yaitu lomba KTI dan olimpiade. Tanggal 10 November 2019 merupakan waktu pelaksanaan final Lomba KTI BSD X tingkat se-Jawa dan Bali. Sepuluh tim terbaik hasil dari seleksi abstrak dan full paper diundang ke Jurusan Biologi FMIPA UNEJ untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya. Lima tim terbaik akan mendapatkan juara. Yey……..pasti seru rasanya jadi 10 tim yang maju ke podium untuk mempresentasikan hasil KTI mereka masing-masing. rasa deg-degan, hawatir, dan grogi pasti menjadi bumbu-bumbu dalam presentasi, apalagi ketika ada pertanyaan dari para juri, hmmm……pasti rasanya campur aduk. Rasa campur haru pasti akan dirasakan tim yang menang.

Berbeda dengan lomba KTI, olimpiade dilaksanakan pada tanggal 3 dan 17 November 2019 tingkat se-Jawa Timur Bali. Tanggal 3 November 2019 merupakan tahap seleksi tahap awal yang dilaksanakan di 9 region yang berbeda, yaitu Jember, Banyuwangi, Lumajang, Probolinggo, Gresik, Kediri, Mojokerto, Bali, dan Madura. Empat puluh peserta terbaik akan lolos ke tahap ssemifinal akan diundang ke Jurusan Biologi FMIPA UNEJ untuk mengikuti tahap selanjutnya pada tanggal 17 November 2019. Lima pserta terbaik akan lolos ke tahap final dan 3 peserta terbaik akan menjadi juara. Yey…….selamat bagi para pemenang. Selain pengalaman yang baru kalian telah menjadi yang terbaik dari ratusan peserta yang mendaftar. Sekali lagi kami mengucapkan selamat…… dan jangan mudah puas dengan apa yang telah dicapai, karena orang cerdas terbentuk bukan karena bawaan lahir, tapi orang cerdas terbentuk karena rasa penasaran dan tidak puas kan pencapaian yang selalu tinggi.

Wah… ternyata seru ya ajang perlombaan BSD X. Bagi teman-teman SMA sederajat, ayo ikutilah ajang perlombaan BSD yang akan datang. Selain dapat pengalaman yang baru, kalian akan mendapat ilmu-ilmu baru terkait biologi yang membuat kalian semakin cinta terhadap ilmu biologi, cinta terhadap alam, dan bisa meningkatkan rasa penasaran kalian. Jadi, ayoooo…..tunggu apa lagi, ditunggu BSD XI.