Bina Desa

Bina Desa

Bina desa merupakan salah satu program kerja  dari pengurus Himabio Bakteriophage khususnya  bidang 3 yaitu devisi pengmas. Kegiatan ini diikuti oleh warga Biologi FMIPA Universitas Jember , khususnya Maba tahun 2019. Aacara yang dilakukan yaitu mengunjungi desa di sekitar kabupaten Jember.  Tahun ini  bina desa  dilakukan  di desa Glundengan selama 2 hari. Serangkaian acara bina desa yaitu bina sekolah , Bakti sosial , dan penghijauan.

Tujuan dari adanya kegiatan ini yaitu melatih warga biologi khususnya maba 2019 untuk belajar berbagi, bersikap ulet, kreatif ,  inovatif dan bertanggung jawab,  dalam kegiatan bermasyarakat. Terjalinnya hubungan baik antara mahasiswa dan masyarakat juga menjadi salah satu capaian dari kegiatan Bina Desa ini. Acara mulai dilakukan pada hari sabtu, berangkat pukul 07.00 dan menempuh perjalanan selama 1 jam 30 menit. Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu bina sekolah, kegiatan  bina sekolah ini yaitu berkunjung ke beberapa sekolah SD dan SMP serta memberi pemaparan materi mengenai minat sekolah , sopan santun dan pentingnya menjaga kesehatan. Selain mahasiswa , ada beberapa dosen yang terlibat langsung dalam acara bina sekolah seperti  bu Dra. Dwi Setyati, M.Si.  Bu Eva Tyas Utami, S.Si., M.Si.  dan  Dra. Susantin Fajariyah, M.Si. Ibu dosen yang mengikuti kegiatan ini terlihat antusias sekali dengan sabar dan telaten memberikan materi seperti cara mencuci tangan yang baik dan benar , serta memberikan materi tentang minat belajar .

Selain Bina sekolah kegiatan yang dilakukan adalah bakti sosial. Nahhh bakti sosial ini dilakukan oleh seluruh peserta dan perwakilan delegasi setiap angkatan . Kegiatannya  berupa pemberian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu di desa Glundengan. Melihat kondisi desa Glundengan yang rawan akan bencana banjir sehingga perlu adanya penghijauan. Dilakukan penanaman di sekitar desa yang di bantu oleh perangkat desa setempat. Semoga kegiatan yang dilakukan bermanfaat untuk desa Glundengan.